Inilah yang Membuat Gular Menjadi Manis, Udah Pada Tahu Belum?

Biar Pada Tahu Manisnya Gula Itu Darimana


Siapa sih yang doyan permen, manisan atau kembang kapas? Mungkin bisa dibilang orang yang punya penyakit diabetes atau mereka yang diet akan mencoba mengurangi konsumsi gula.

Tapi nggak dipungkiri kalau banyak orang menyukai rasa mnis. Manusia yang notabene suka makan segalanya alias omnivora membuat semua lidah merasakan berbagai rasa makanan, termasuk rasa manis.

Ngebahas tentang rasa manis dan gula, udah pada tahu belom sih kenapa gula itu rasanya manis?Well, kalau kamu pengen tahu alsannya, yuk sekalian simak fakta tentang gula.

1. Gula sumber kalori


Gula merupakan bahan makanan yang mudah dicerna dan menjadi sumber kalori. Rasa yang mudah diterima oleh lidah setiap manusai tersebut kemdian disebut dengan rasa manis.

2. Semua mamalia bisa meraskan gula, kecuali kucing


Tahu kah kamu, kalau hampir semua mamalia bisa merasakan manis pada gula. Tapi si kucing yang terkenal imut dan mengemaskan justru tak bisa merasakan rasa manis pada gula.

3. Sukrosa jenis gula yang banyak dikonsumsi manusia


Setiap makanan memiliki jaringan molekul yang berkontribusi memberikan sensasi rasa, entah itu manis, pahit, asin atau gurih. Begitu juga dengan gula yang terdiri dari jaringan molekul yang memberikan rasa manis. Ada banyak jenis gula, contohnya saja glukosa, fruktosa, sukrosa dan sakarin.

Tapi dari semua jenis gula tersebut, manusia paling sering merasakan manis pada makanan yang mengandung molekul sukrosa. Perlu kamu tahu yah, sukrosa itu gabungan antara dua komponen yaitu glukosa dan fluktosa. Sakarin juga memiliki rasa manis meskipun rasanya sedikit berbeda tak seperti rasa gula.

4. Jarak ikatan atom hidrogen yang membuat gula memiliki rasa manis


Ingin tahu kenpa rasa gula itu manis? Yuk sedikit mempelajiri kimia lewat jaringan molekul gula. Pada dasarnya kompenen pembentuk gula terdiri dua pasang atom hidogen yang terlihat seperti cabang keluar dari permukaan. Nah, atom-atom ini akan saling berikatan dengan reseptor perasa lidah saat kita memakannya. Dalam gula atom hidrogen ditempatkan antara 2,5 dan 4 angstrom (satuan panjang untuk ukuran partikel atau senyawa kimia yang menggunkan spektrum optik)

5. Rasa manis dan pahit sebenarnya hanya ditentukan dari jarak hidrogen


Rasa pahit dan manis memang sangat bertolak belakang. Tapi percaya atupun tidak, kedua rasa ini terbentuk karena ikatan hidrogen, hanya saja yang membedakan antara keduanya adalah jarak ikatan hidrogen tersebut.

Nah, udah tahu kan mengapa gula itu rasanya manis dan kina menawarkan rasa pahit. Jangan lupa share artikel ini yah agar banyak yang mendapat manfaatnya.


Subscribe to receive free email updates: