Laporan Pertandingan: Manchester United 2-0 Benfica



Liga Champions - Langkah Manchester United untuk memastikan tempat di babak 16 besar semakin dekat usai menaklukkan Benfica 2-0 dalam laga matchday keempat Grup A Liga Champions, Rabu (1/11) dini hari WIB.

Mereka sebenarnya bisa saja dipastikan lolos lewat kemenangan ini tapi hal tersebut tertunda karena di laga lain CSKA Moskwa berhasil membalikkan kedudukan untuk unggul 2-1 atas Basel, sehingga ketiga tim tersebut masih punya peluang untuk lolos ke babak selanjutnya.

Dalam laga yang berlangsung di Old Trafford tersebut, United langsung berupaya mencetak gol sejak awal laga.

Tim asuhan Jose Mourinho itu kemudian mendapatkan peluang emas untuk unggul saat laga baru memasuki menit ke-15. Tuan rumah mendapat hadiah penati setelah Anthony Martial dilanggar oleh Douglas.


Namun Martial gagal mengeksekusi penalti dengan baik. Tendangannya bisa ditepis oleh kiper muda Benfica Mile Svilar.

Benfica kemudian sempat berbalik mengancam gawang United. Diogo Goncalves melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang mengarah ke pojok atas gawang, tapi David de Gea mampu cepat bereaksi untuk melakukan penyelamatan hebat dengan menepis bola tersebut.

United terus berupaya menggempur gawang tim tamu. Romelu Lukaku memiliki dua peluang lewat tendangan mendatar dan sundulannya namun upayanya tersebut masih bisa ditepis Svilar dan belum menemui sasaran.

Tuan rumah pada akhirnya mampu memecah kebuntunan di menit akhir babak pertama.

Nemanja Matic melepaskan tendangan keras dari jarak sekitar 27 meter, bola sempat membentur  tiang namun kemudian tetap masuk ke dalam gawang setelah membentur badan Svilar. Kiper berkebangsaan Belgia berusia 18 tahun itu pun tercatat melakukan gol bunuh diri.


Setelah tercatat sebagai kiper termuda yang tampil di Liga Champions, Svilar kembali mencatatkan dua rekor baru di laga ini.

Di usia 18 tahun 65 hari, Svilar tercatat sebagai kiper termuda yang berhasil menyelamatkan tendangan penalti di ajang Liga Champions.


Tapi kini ia juga tercatat sebagai kiper termuda yang mencetak gol bunuh diri dalam sejarah kompetisi tersebut.

Di babak kedua Benfica berupaya menekan untuk menyamakan kedudukan. Namun mereka kesulitan menembus kotak penalti United, mereka hanya mampu melepaskan tembakan dari luar kota penalti.

Memasuki menit ke-60 Benfica mendapatkan peluang emas setelah Diogo Goncalves mampu menggiring bola melewati Chris Smalling. Winger berusia 20 tahun itu kemudian melepaskan tendangan jarak dekat namun lagi-lagi masih bisa dihalau oleh De Gea.

Lima menit berselang Benfica kembali nyaris saja menyamakan kedudukan. Berawal dari kesalahan Eric Bailly dalam melakukan operan, bola kemudian bisa dikuasai Raul Jimenez. Penyerang asal Meksiko itu kemudian melepaskan tendangan di dalam kotak penalti yang membuat De Gea tak bereaksi, namun bola masih membentur tiang gawang.

Memasuki menit ke-78, justru United yang sukses menambah keunggulan. Mereka mendapatkan hadiah penalti untuk kedua kalinya di laga ini setelah Marcus Rashford dijatuhkan oleh Andreas Samaris.

Daley Blind yang kali ini menjadi eksekutor sukses menaklukkan Svilar lewat tendangan kerasnya ke tengah gawang.

Di sisa laga Benfica tetap tidak mampu membobol gawang United. Kekalahan ini membuat mereka gagal meraih satu poin pun dalam empat laga di fase grup. Sebaliknya, United berhasil menyapu bersih kemenangan dari pertandingan yang mereka jalani di fase grup sejauh ini.

Kemenangan ini sebenarnya bisa saja membuat United dipastikan lolos ke 16 besar. Tapi keberhasilan CSKA Moskwa membalikkan kedudukan di markas Basel membuat hal tersebut tertunda.

Berlaga di St. Jakob-Park, tuan rumah Basel sukses membuka keunggulan lewat gol sang gelandang Luca Zuffi pada menit ke-32. Tapi di babak kedua tim tamu berhasil mencetak dua gol balasan.

Memasuki menit ke-65 Alan Dzagoev membuat skor imbang lewat tendangannya di area penalti. Mereka kemudian sukses membungkam tuan rumah setelah Pontus Wernbloom membawa CSKA berbalik unggul pada menit ke-79.

Kemenangan tersebut membuat CSKA kini mengumpulkan enam poin, sama dengan perolehan Basel yang menempati peringkat kedua. Mereka tertinggal enam poin dari United yang berada di urutan teratas.

Cuplikan Pertandingan:


 AGEN SBOBET

Subscribe to receive free email updates: