Enggan Minta Maaf, Yaqut GP Ansor Sebut Bendera Palu Arit juga Tak Ada Tulisan PKI-nya

Jiromedia.com -Gerakan Pemuda Ansor bersikukuh enggan meminta maaf atas pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid. Mereka yakin bendera itu adalah bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas yakin bendera itu bukan bendera tauhid, melainkan bendera HTI. Bahkan ia menganalogikannya dengan bendera Partai Komunis Indonesia (PKI).

"Meski tidak ada nama HTI, tidak bisa dipungkiri kalau itu bendera HTI. Bendera Merah Putih itu kita tahu bendera Indonesia walau tidak ada tulisan Indonesia. Atau bendera palu arit di jalan, itu bendera PKI, kita mau ngomong apa?" ujar Yaqut dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (24/10).

Menurutnya, dalam bahasa Arab dikenal istilah khat atau gaya penulisan. Khat kalimat tauhid di bendera yang dibakar itu, ucapnya, adalah yang biasa dipakai HTI.

Bendera itu juga diklaim Yaqut adalah bendera yang digunakan HTI pada kantor-kantor mereka dan acara-acara mereka sebelum dilarang Pemerintah.

Selain itu, Yaqut menyebut HTI sudah mengakui secara terang-terangan bendera itu adalah bendera mereka dalam persidangan pembubaran HTI di PTUN beberapa waktu lalu.

"Ketika persidangan pembubaran HTI, salah satu pengacara yang mewakili Pemerintah adalah kader Ansor. Bendera itu ditunjuk-tunjuk, diakui HTI sebagai bendera mereka," ujarnya.

GP Ansor bahkan menduga HTI mengklaim bendera itu sebagai bendera tauhid untuk memecah belah umat Islam.

"Untuk itu perlu kami sampaikan bahwa kami menolak secara tegas bahwa bendera HTI tersebut diidentikkan atau dinyatakan seakan-akan sebagai bendera Tauhid milik umat Islam," kata Sekjen GP Ansor Abdul Rochman di kesempatan yang sama.

Sebelumnya, beberapa kader Badan Serbaguna Ansor (Banser) diketahui melakukan pembakaran terhadap bendera dengan kalimat tauhid di garut, Minggu (21/10). Tiga orang diamankan kepolisian terkait aksi itu. [cnn]

Subscribe to receive free email updates: